Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Keterampilan Manajemen


KETERAMPILAN MANAJEMEN

1.      Keterampilan teknis adalah mereka kemampuan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas tertentu..Contoh keterampilan teknis menulis program komputer, menyelesaikan laporan akuntansi, pemasaran menganalisis statistik, menulis dokumen hukum, atau penyusunan desain airfoil baru di pesawat terbang.Keterampilan teknis biasanya diperoleh melalui program pelatihan yang mungkin menawarkan sebuah organisasi para manajer atau karyawan atau dapat diperoleh dengan cara gelar sarjana. Memang, banyaksekolah bisnis di seluruh negeri melihat peran mereka sebagai menyediakan lulusan dengan keterampilanteknis yang diperlukan bagi mereka untuk sukses dalam pekerjaan.

2.      Keterampilan manusia melibatkan kemampuan untuk bekerja dengan, memotivasi, dan mengarahkan individu atau kelompok dalam organisasi apakah mereka bawahan, rekan kerja, atau atasan.. Keterampilan manusia, karena itu, berkaitan dengan keahlian individu dalam berinteraksi dengan orang lain dalam cara yang akan meningkatkan berhasil menyelesaikan tugas di tangan. Beberapa kemampuan manusia yang seringkali diperlukan untuk manajer untuk ditampilkan adalah komunikasi yang efektif (menulis dan berbicara), pembentukan sikap positif terhadap orang lain dan lingkungan kerja, pengembangan kerjasama antar anggota kelompok, dan motivasi bawahan. Keterampilan manusia dapat dikembangkan melalui pemahaman manusia dan perilaku kelompok.


3.      Keterampilan konseptual memerlukan kemampuan untuk memahami tingkat kompleksitas dalam suatu situasi tertentu dan untuk mengurangi kompleksitas itu ke tingkat di mana tindakan spesifik dapat diturunkan  Contoh situasi yang memerlukan keahlian konseptual termasuk bagian dari hukum yang mempekerjakan mempengaruhi pola-pola dalam sebuah organisasi, pesaing perubahan dalam strategi pemasaran, atau reorganisasi dari satu departemen yang akhirnya mempengaruhi kegiatan departemen lain dalam organisasi. Keterampilan konseptual dapat dikembangkan melalui pengetahuan dari berbagai faktor yang
mempengaruhi kegiatan organisasi.

4.      Keterampilan Administratif ( Administratif Skills ) adalah keseluruhan keterampilan yang berkaitan dengan perencanaan,pengorganisasian ,penyusunan kepegawaian dan pengawasan. Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk mengikuti kebijaksanaan dan prosedur , mengelola dengan anggaran terbatas,dan sebagainya. Ketrampilan administrative adalah suatu perluasan dari ketrampilan konseptual . Manajer melaksanakan keputusan melalui penggunaan keterampilan administrative dan kemampuan kemanusiaan.



0 comments: